Selasa, 10 Maret 2015

// // Leave a Comment

Perbedaan DDR-SDRAM, DDR2, DDR3 RAM

Dalam dunia modern ini, komputer adalah alat yang sangat membantu untuk menyeleseaikan maslah – masalah terntentu sehingga sangat dibutuhkan. Seiring berjalannya waktu, perkembangan kmputer semakin canggih. Salah satu hardware yang sangat vital dan selalu ada upgradenya adalah RAM. RAM merupakan ssingkatan dari Random Acces Memory, yaitu hardware berupa memory (register) yang berguna untuk menyimpan data – data sementara yang akan selalu diproses oleh CPU. RAM sangat berbeda dengan hardisk ataupun penyimpanan lainnya yang bersifat permanen. RAM bersifat volatile, yang berarti memori jenis ini hanya mentimpan data sementara, menyimpan data hanya pada saat komputer hidup saja, dan ketika komputer tersebut  mati maka data yang tersimpan didalam RAM akan hilang seketika. RAM juga bekerja lebih cepat dibandingkan memory yang bersifat permanen, ini dimungkinkan karena memory ini akan selalu bekerja ketika user menginputkan perintah – perintah ke komputer. RAM akan menyimpan variabel – variabel untuk selanjutnya diproses komputer.
            RAM selalu berkembang sejak penemuannya. Dalam perkembangannya, RAM mempunyai beberapa jenis. Diantarnya ada EDO-RAM, RD-RAM, SD-RAM, dan yang akan saya jelaskan adalah DDR-RAM atau memori RAM DDR. Saat ini, komputer – komputer keluaran terbaru sudah menggunakan RAM jenis DDR2 dan DDR3. DDR merupakan singkatan dari Double-Data-Rate Random Acces Memory, adalah jenis memori komputer yang prosesnya sangat cepat. DDR-RAM dapat mentransfer data dua kali lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya, SDRAM. DDR RAM menggunakan sinyal clock yang berbeda dengan SDRAM, sinyal clock adalah frekuensi osilasi yang digunakan untuk mengkoordinasi interaksi antara sirkuit digital, sinkronisasi dan komunikasi.
            Secara teori, DDR mempunyai kemamuan pengolahan data yang lebih cepat. DDR dapat membawa 2 bit pada satu clocknya. Seperti yang saya jelaskan di atas, DDR mempunyai beberapa tingkatan versi, DDR (DDR1), DDR2, DDR3.
1.   --   DDR-RAM (DDR1)
Mempunyai rate clock maksimum 400 MHz dab 64-bit (8 bites) data bus mulai ditinggalkan dan tidak diproduksi dalam jumlah besar. Teknologi telah mengadopsi cara-cara baru untuk mencapai kecepatan data lebih cepat untuk RAM jenis ini. RAM ini memiliki voltase 2,5/2,6 V.
2.  --    DDR2
DDR2 adala teknologi RAM yang digunakan untuk menggantikan DDR1, mempunyai rate data 400MHz dan data bus sebesar 64-bits (8bytes). DDR2 di produksi dalam jumlah yang banyak oleh perusahaan yang engembangkan RAM. Memori DDR2 secara fisik tidak kompatibel dengan DDR sebelumnya. DDR2 RAM yang memiliki nama standar DDR2-400, DDR2-533, DDR2-677, DDR2-800, dan DDR2-1066, dengan frekuensi transfer antara 400 MHz sampai 1966 MHz. yang memerlukan voltase 1,8 V.
3.   --   DDR3
DDR3 di buat untuk menggantikan DDR2. Mempunyai kecepatan mencapai 1.6Gbps, jelas lebih unggul dibandingkan DDR2(800Mbps bandwidth). Yang lebih menarik adalah, DDR3 mempunyai kelebihan berupa daya yang dibutuhkan untuk menjalankannya hanya sebesar 1.36 V. Pada saat ini, teknologi DDR3 telah banyak digunakan.




Pada memori jenis DDR 1, chip memori (IC)yang digunakan pada board modul memori adalah adalah jenis TSOP (Thin Small-Outline Packege). Bentuknya adalah empat persegi panjang dengan kaki-kaki di sisi kiri dan kanannya. Jarang sekali modul memori DDR 1 yang menggunakan chip memori jenis BGA.
Pada memori jenis DDR2, jenis chip memori yang digunakan adalah tipe BGA (Ball Grid Away). Bentuknya ada yang empat persei panjang, adapula yang berbentuk bujur sangkar. Tetapi, tidak seperti chip memori jenis TSOP, kaki-kaki pada memori jenis BGA tidak terlihat mata karena terletak dibawah chip dan langsung dan langsung ditancapkan ke board modul memori.dan untuk DDR 3 ini memiliki kesamaan dengan memori jenis DDR 2 yaitu dengan BGA (Ball Grid Away).
Perbedaan secara fisik lainnya yang dapat dilihat secara kasat mata adalah pada notch yang tersedia di board memori di bagian golden finger alias konektor slot memori di motherboard. Pada jenis memori DDR, notch ini terletak sedikit ke arah sisi kanan untuk DDR 2, notchnya terletak sedikit lebih ke tengah board modul memori dan pada jenis DDR 3 yang terbaru saat ini notchnya terletak sedikit kearah kiri berlawanan dengan letak notch DDR pertama.
Perbedaan secara fisik terakhir yang dapat dilihat dengan mudah adalah jumlah pin yang digunakan. Memori DDR memiliki pin sebanyak 184 buah (92-pin di setiap sisinya), sedangkan memori jenis DDR2 dan DDR 3 memiliki pin yang lebih kecil dan padat Jumlahnya 240 buah (120-pin di setiap sisi).
Keunggulan DDR3, keuntungan Utama DDR3 adalah kemampuan untuk mentransfer I / O data di delapan kali data tingkat memori berisi sel, sehingga memungkinkan bus lebih tinggi dan harga lebih tinggi pula dari harga sebelumnya puncak teknologi memori. Selain itu, standar DDR3 memungkinkan chip kapasitas 512 megabits hingga 8 gigabits, efektif memungkinkan maksimum ukuran modul memori 16 gigabyte.keuntungan lainnya Memori DDR3 memberikan pengurangan konsumsi daya lebih dari 30% dibandingkan DDR2 dan DDR 1 modul,karena DDR 3 kurang dari 1,5 V pasokan tegangan, dibandingkan dengan DDR2 dan DDR 1 dari 1,8 V atau 2,5 V. Pasokan tegangan bekerja dengan baik dengan 90 nanometer pembuatan teknologi yang digunakan dalam DDR3 .


0 komentar:

Posting Komentar

RenoAP