Senin, 02 Maret 2015

// // Leave a Comment

Seputar Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya



Oke, kemarin tentang pertambangan, maka sekarang saya akan memberikan informasi tentang fakultas yang telah dengan sangat sabar mengajari saya belajar, hehe. Belajar tentang IT tentunya, tau kan IT apa?
Kalau ndak tau, cari aja deh di bawah kasur, kali aja ada.
Baik, kini langsung saja sejarah tentang FASILKOM UNSRI yak, cek ini keluar. 

Sejarah Fakultas

Berdirinya Fakultas Ilmu Komputer didahului dengan Program Diploma Komputer (PDK) Unsri baru berdiri pertengahan tahun 2003, tepatnya tanggal 5 September 2003 dan merupakan program pendidikan bidang ICT yang pertama di Universitas Sriwijaya. Penyiapan SDM untuk tenaga dosen mulai dilakukan dengan mengirimkan beberapa dosen untuk mengikuti pendidikan S2 di bidang teknologi informasi dan komunikasi baik di dalam maupun di luar negeri.
Melalui penyiapan dosen berpendidikan S2 yang saat itu telah berjumlah 8 orang dan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi di Unsri yang mulai memadai setelah Puskom Unsri menerima 2 (dua) kali hibah bersaing dari Departemen Pendidikan Nasional yakni Due-Like tahun 1999 s.d. 2003 dan TPSDP tahun 2003 s.d. 2007, keinginan tersebut mulai mengkristal. Rektor Unsri Prof. Dr. Zainal Ridho Djafar, Pembantu Rektor I, Prof. Dr. Mustafa Abdullah, Kepala Pusbandik Dr. Rujito Agus Suwignyo dan Kepala Puskom, Drs. Saparudin, M.T. pada bulan Juli tahun 2002 mulai membicarakan secara intensif rencana pembukaan Program Diploma Komputer Unsri.
Dengan Rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dukungan yang kuat dari Rektor Unsri, rekomendasi Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Provinsi Sumatera Selatan serta komitmen dan kerja keras panitia, sehingga Pembukaan Program Diploma Komputer Unsri dapat terwujud pada bulan Agustus 2003. 
Program Ilmu Komputer (PIK) dan Program Diploma Komputer (PDK) Universitas Sriwijaya mulai menyelenggarakan kegiatan akademik dan menata manajemen dan organisasi. Perjalanan 2 (dua) tahun penyelenggaraan kedua lembaga tersebut secara swadana dan swakelola telah mengantarkan pembukaan Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Setelah mempelajari naskah akademik yang terdiri dari evaluasi diri dan proposal PIK dan PDK Unsri, Dirjen Dikti pada tanggal 22 Februari 2006 menerbitkan surat izin pembukaan Fakultas Ilmu Komputer Unsri dengan sistem pengelolaan fakultas secara swadana dan swakelola.
Sistem pembelajaran modern dengan didukung fasilitas kelas belajar multimedia, laboratorium praktek dan riset mahasiswa, perpustakaan dan akses internet. Dosen pengajar merupakan para ahli dibidang teknologi informasi dan komunikasi lulusan S3 dan S2 dari dalam dan luar negeri. Visi Program Ilmu Komputer tahun 2020 menjadi program pendidikan akademik dan profesional yang unggul dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi dibidang teknologi informasi dan komunikasi.
Jurusan di fakultas ilmu komputer unsri ada banyak, untuk S1-nya ada 3, yaitu:
- Teknik Informatka (software)
- Sistem Komputer (hardware)
- Sistem Informasi (brainware).

sekian dulu infonya, pasti nanti lanjut lagi kok, dengan informasi organisasi dan deskripsi jurusan S1-nya.

0 komentar:

Posting Komentar

RenoAP